INDONESIA SKILLS COMPETITION
(LKS-SMK XVII 2009 IN JAKARTA)
TECHNICAL DESCRIPTIONS OF FISHERY
Foreword
Globalization era give double impact which is over and above open collaboration chance that one extent it internations, also open emulation that progressively tight and sharp at all work area.
To face challenge of aforesaid, therefore Indonesia Government shall strengthen competitiveness and competitive top at all sector by relies on quality and human resource ability with technological mastery and management. To it Government always tries make ready competent labour deep its area each.
Indonesia Skills Competition (Lomba Keterampilan Siswa = LKS) National zoom goes to XVII at Jakarta for Vocational High School (SMK) student all Indonesia is that of form reality one of effort in developmental human resource that did by Government via Directorate Technical and Vocational Education – Directorate General of Management for Primary and Secondary Education – The Ministry of National Education Republic of Indonesia.
PEDOMAN PENILAIAN LKS 2009
BIDANG LOMBA : BUDIDAYA PERAIRAN
No. | Aspek Yang Dinilai | Kriteria | Skor Maksimal | Keterangan |
I | KEGIATAN PRAKTIK (45 %) | | (%) | |
| 1. Menyiapkan alat, wadah dan bahan pembenihan ikan lele secara buatan | Alat, wadah dan bahan disediakan lengkap sesuai dengan yang diperlukan dan peserta mampu menjelaskan kegunaan dari masing-masing alat, wadah dan bahan tersebut dengan sempurna | 5 | Alat , wadah dan bahan yang harus disiapkan meliputi : · Hormon · Alat-alat suplai oksigen · Alat bedah · Kateter (slang untuk cek telur) · Pengencer sperma · Alat dan bahan penetasan telur · Akuariuam dan wadah penetasan artemia |
| 2. Menyeleksi induk matang gonad | Induk-induk lele yang dipilih adalah induk-induk yang telah memenuhi kriteria matang gonad | 5 | Peserta harus dapat menunjukan : · Tanda-tanda induk betina dan induk jantan matang gonad · Perbedaan antara induk betina dan induk jantan yang matang gonad dengan yang tidak matang gonad · Perlakuan yang benar terhadap induk jantan dan induk betina matang gonad sebelum digunakan |
| 3. Melakukan pemijahan induk lele secara buatan | -Menentukan dosis hormon dan larutannya untuk penyuntikan ke-1 - melakukan penyuntikan ke-1 - penyimpanan induk (inkubasi) -Menetukan jumlah donor dan mengambil kelenjar hipfisa - Membuatan larutan hipofisa dan melakukan penyuntikan ke-2 - Melakukan stripping - Mengambil dan menyipakan larutan sperma -Fertilisasi -Penebaran telur dlm wadah penetasan | 15 | Peserta harus dapat menunjukkan : · Penentuan dosis hormon · Melakukan pengambilan kelenjar hipofisa dengan cara yang benar · Menghitung dan menakar kebutuhan bahan dengan tepat · Membuat larutan dengan metode kerja yang benar · Melakukan stripping · Mampu mengambil sperma dan membuat larutannya · Fertilisasi dan penebaran telur sesuai dengan ukuran wadah |
| 4. Penetasan dan penanganan larva | Jumlah telur yang menetas cukup tinggi, serta menjaga kualitas air agar sesuai dengan krbutuhan hidup larva. | 5 | Peserta harus dapat menunujukan daya tetas telur yang tinggi dan kualitas air pemelihara larva yang baik. |
| 5. Penyiapan pakan alami (Artemia sp) | Memahami persyaratan media untuk penetasan Artemia sp. | 5 | Peserta harus mampu menunjukkan : · Penimbangan garam yang tepat · Penimbangan Artemia sp disesuaikan dengan wadah penetasan · Pemasangan aerasi · Penetasan Artemia dan pemanenannya yang sempurna. |
| 6. | | | · |
| 7. | | | · |
II | PRESENTASI (20 %) | | | |
| 1. Makalah | - Mampu menyusun makalah dari hasil praktikum sendiri, bukan tulisan hasil jiplakan. -Isi materi logis, lengkap , sistematis, menarik dan menggunakan bahasa yang baik dan benar. | 10 | Peserta dapat menunjukan : · Makalah yang orisinil berdasarkan hasil praktikum · Makalah ditulis secara sistematis, rinci, menggunakan kaidah penulisan ilmiah dan bahasa yang baik dan benar. |
| 2. Penampilan | Penampilan sopan dan menarik | 10 | · Peserta berpakaian rapi dan bersih · Sikap dan tutur kata baik · Perkataan meyakinkan (Percaya diri) |
| 3. Sistimatika penyajian materi | Materi disajikan secara sistematis | 15 | Materi disajikan dengan urut-urutan yang teratur, tidak terburu-buru dan jelas sehingga audien mudah memahami materi yang disajikan |
| 4. Penggunaan Bahasa | Materi disajikan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar atau dalam Bahasa Inggris | 25 | Nilai sangat sempurna apabila materi secara keseluruhan disajikan dalam Bahasa Inggris yang baik |
| 5. Penguasaan Materi | Materi dikuasai dengan baik yang ditunjukan dengan lancarnya penyajian, percaya diri dalam menyajikan dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan benar tanpa ragu-ragu. | 30 | Nilai sangat sempurna apabila setiap pertanyaan yang diajukan dalam Bahasa Inggris dapat dijawab dengan baik dengan jawaban dalam Bahasa Inggris. |
| 6. Penggunaan Media | Materi disajikan dengan menggunakan alat bantu yang menarik dan memudahkan audien untuk memahami materi yang disajikan | 10 | Nilai sangat sempurna jika materi disajikan dengan menggunkan tampilan power point. |
III | WAWANCARA (20 %) | | | |
| 1. Sikap dalam menjawab pertanyaan | Mampu menjawab dengan jelas, tegas, menggunakan bahasa yang baik dan benar. | 6 | Menunjukkan: · Kepercayaan diri dan ketegasan · Tutur kata yang sopan dan santun |
| 2. Penggunaan Bahasa | Menggunakan bahasa yang baik dan benar, serta menguasai bahasa Inggris. | 6 | Mampu menunjukkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mampu berbahasa Inggris. |
| 3. Kesesuaian jawaban dengan pertanyaan | Mampu memberikan jawaban yang tepat, logis dan ilmiah. | 8 | Mampu menunjukkan : · Jawaban yang tepat, logis, ilmiah dan meyakinkan. |
IV | PORTOFOLIO (15 %) | | | |
| 1. Kesesuaian portofolio dengan materi yang dibahas | Portofolio sesuai dengan kegiatan praktikum siswa dalam proses produksi benih ikan lele. | 4 | Mampu menunjukkan : · Foto kegiatan praktikum sendiri · Laporan praktikum serta bukti lainnya. |
| 2. Kelengkapan Portofolio | Portofolio disusun secara lengkap, sistematis dan rinci, serta nampak jelas merupakan karya sendiri. | 4 | Mampu menunjukkan : · Bukti yang lengkap, jelas dan orisinil · Keterangan diberikan sesuai dengan kebutuhan · Nilai estetika. |
| 3. Tata urutan portofolio | Portofolio tersusun secara runtut dari awal sampai akhir kegiatan. | 2 | Mampu menunjukkan : · Bukti kegiatan dari awal sampai akhir disusun secara berurutan |
| 4. Estetika | Portofolio ditampilkan dengan cara yang menarik | 2 | Mampu menunjukkan : · Disain dari tampilan portofolio menarik. |
Registration (confirmation for participates) with letter or fax that at recommendation by element on duty Province Education at the furthest on Midle of March2009, to Committee of LKS-SMK XVII National passes through:
Things that was brought together in this information sheet will be informed on technical meeting time (technical meeting).
No comments:
Post a Comment