Let conjoined with affiliation program:

¦ Chitika ¦ Kumpul Blogger ¦ Bikin Duit ¦ Bidvertiser ¦ forex ¦

¦ AdsenseCamp ¦ ClixSense ¦ AdBrite ¦ Ppcinbox ¦

¦ Mesin Pencari ¦ Ardhosting ¦ Clickinc ¦ PanenIklan ¦ Bux.to ¦


Monday, February 16, 2009

GRAPHIC


INDONESIA SKILLS COMPETITION

(LKS-SMK XVII 2009 IN JAKARTA)


TECHNICAL DESCRIPTIONS OF GRAPHIC DESIGN


I. Foreword


Globalization era give double impact which is over and above open collaboration chance that one extent it internations, also open emulation that progressively tight and sharp at all work area.


To face challenge of aforesaid, therefore Indonesia Government shall strengthen competitiveness and competitive top at all sector by relies on quality and human resource ability with technological mastery and management. To it Government always tries make ready competent labour deep its area each.


Indonesia Skills Competition (Lomba Keterampilan Siswa = LKS) National to XVII at Jakarta for Vocational Highstudent all Indonesia is that of form reality one of effort in developmental human resource that did by Government via Directorate Technical and Vocational EducationDirectorate General of Management for Primary and Secondary Education The Ministry of National Education Republic of Indonesia.


II. Tujuan


1. Mendorong SMK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu kepada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Graphic Design Technology
2. Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di seluruh Indonesia sesuai dengan Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Graphic Design Technology
3. Mempromosikan Keterampilan siswa SMK bidang keahlian Graphic Design Technology kepada dunia industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.
4. Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetisi secara positif, untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga kebanggan bagi sekolah dan daerah/provinsinya.


III. Peserta


Peserta adalah siswa SMK dengan kriteria sebagai berikut :

1. Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2. Tercatat Siswa tingkat II/III SMK negeri atau Swasta program keahlian Graphic Design di Indonesia dalam tahun 2009.
3. Dinyatakan sebagai Pemenang LKS Tingkat Propinsi program keahlian Graphic Design Technology dalam tahun 2009 atau yang ditunjuk oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional di Propinsi sebagai peserta LKS tingkat Nasional ke-XVII Tahun 2009 mewakili propinsi yang bersangkutan.
4. Setiap propinsi hanya dapat diwakili oleh 1 (satu) orang peserta.


IV. Materi Lomba


A. Lingkup Lomba

Jenis kegiatan yang dilombakan adalah meliputi :
1. Tes Praktik Vector Drawing (120 menit)
Meliputi tes ketrampilan secara terpadu dengan materi men-trace photo menjadi gambar Vector Realistic dengan menggunakan alat bantu komputer dan software vector base
2. Tes Praktik Image Manipulation (120 menit)
Meliputi tes ketrampilan secara terpadu dengan materi menggabungkan 2 photo terpisah menjadi 1 photo realis, dan menghilangkan obyek dalam 1 photo dengan sempurna. Alat bantu yang dipergunakan adalah komputer dan software photoshop
3. Tes Praktik Logo & Desain Poster (300 menit)
Meliputi tes ketrampilan secara terpadu dengan materi penciptaan desain logo dan penerapannya pada desain poster festival
4. Tes Praktik Label Merek & kemasan (300 menit)
Meliputi tes ketrampilan secara terpadu dengan materi penciptaan desain label merek dan penerapannya pada desain kemasan produk
5. Tes Presentasi Dummy Mockup ( 30 menit)
Meliputi test kemampuan untuk mempresentasikan karya desain kemasan, label merek, poster, logo dalam bentuk karya montase.


B. Skor dan Bobot Penilaian

Skor maksimal dan bobot :
1. Tes Estetika desain (skor maksimal 100, bobot 10%)...... N1
2. Tes Praktik Desain (skor maksimal 100, bobot 60%)....... N2
3. Tes Penguasaan alat (skor maksimal 100, bobot 20%) .. N3
4. Tes Presentasi (skor maksimal 100, bobot 10%) ....…..... N4

Perhitungan Nilai Tes N1….N4 :
Skor Perolehan
Nilai Tes N1…N4 = ----------------------- X Bobot.
Skor maksimal

Nilai Akhir = ∑(Nilai Tes N1...N4)


C. Aspek-aspek Penilaian


Ad.1. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktek adalah :

Ø Penguasaan koqnitif terhadap teori-teori desain garfis & software alat bantu komputer
Ø Soal diwujudkan dalam bentuk 3 buah Modul soal; Modul 1, 3 task ; Modul 2 , 1 task ; Modul 3, 1 task
Ø Setiap soal memiliki poin penilaian berbeda; Modul 1= 30 poin, Modul 2 = 35 poin, Modul 3 = 35 poin


Ad.2. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik Modul 1 adalah:

NO.

ASPEK YANG DINILAI

SKOR
PROSES
SKOR
HASIL
AKHIR
JUMLAH
SKOR MAX.

Task 1



1
Ketelitian


2,5
2
Kerapian


2,5
3
Estetika


2,5
4

Saving Format & Montase


2,5


Jumlah


10


Ad.3. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik Modul 1 adalah:

NO.

ASPEK YANG DINILAI

SKOR

PROSES
SKOR
HASIL
AKHIR
JUMLAH
SKOR MAX.

Task 2A



1
Teknis & trik


2,5
2
Kerapian


2,5
3
Estetika


2,5
4

Saving Format & Montase


2,5


Jumlah


10


Ad.3. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik Modul 1 adalah:


NO.

ASPEK YANG DINILAI
SKOR
PROSES
SKOR
HASIL
AKHIR
JUMLAH
SKOR MAX.

Task 2A



1
Teknis & trik


2,5
2
Kerapian


2,5
3
Estetika


2,5
4

Saving Format & Montase


2,5


Jumlah


10


Ad.4. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik Modul 2 adalah:


NO.

ASPEK YANG DINILAI
SKOR
PROSES
SKOR
HASIL
JUMLAH
SKOR MAX.
I

Logo Even




1
Ide dan Gagasan


5
2
Kesesuaian tema


4
3

Aplikatif penggunaan (besar/kecil)


3

4

Komposisi & keterbacaan



3


Jumlah



15






II

Poster Celebration




1
Ide dan gagasan


5
2
Kesesuaian tema


4
3
Komposisi layout & warna


4
4
Kelengkapan teks & keterbacaan


2
5

Kelengkapan Logo & mandatoris



2


Jumlah



17






6

Kerapihan montase presentasi & File


3




Jumlah Total




35


Ad.5. Aspek yang dinilai untuk Tes Praktik Modul 3 adalah:


NO.

ASPEK YANG DINILAI
SKOR
PROSES

SKOR
HASIL

JUMLAH
SKOR MAX.
I

Label Merek




1
Ide dan Gagasan


5
2

Aplikatif penggunaan (besar/kecil)


3

3

Komposisi & keterbacaan



3


Jumlah



11






II

Kemasan Produk




1
Ide dan gagasan


5
2
Struktur kemasan


4
3

Komposisi layout & warna


4

4

Kelengkapan teks & keterbacaan


2

5

Kelengkapan Logo & mandatoris


2

6

Saving format siap output



3


Jumlah



20






6

Kerapihan montase presentasi


4









Jumlah Total



35


IV. Tim Penguji

Jumlah Juri sebanyak 5 orang terdiri atas :

No
Unsur
Pusat
Wilayah
A.
Profesional / dosen
1 orang
1 orang
B
LSP Bidang desain grafis
1 orang
1 orang
C
PPPG Kejuruan
1 orang


VI. Kriteria Pemenang Lomba

Juara Lomba adalah peserta yang memiliki nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai para peserta lomba. Apabila ada juara lomba yang memiliki nilai akhir yang sama maka pertama akan diperhitungkan kecepatan menyelesaikan tugas-tugas. Seandainya setelah diperhitungkan kecepatannya ternyata nilai masih sama maka akan diadakan tes wawancara oleh setiap juri.

Para Juara ditentukan langsung oleh Juri meliputi: Juara I, II dan III

Selain para juara maka seluruh peserta mendapat penghargaan dari panitia penyelenggara.


VII. Panitia Lomba

Panitia lomba adalah :

1. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Pusat) : . . . . . . . . . . . . . . . .

2. Penanggung Jawab Bidang Lomba (Daerah) : . . . . . . . . . . . . . . . .


VIII. Tempat Lomba

Tempat lomba untuk : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Jakarta


IX. Tata Tertib Lomba

Pembimbing diharapkan :

1. Mendampingi peserta pada saat ‘technical meeting’.

2. Mengisi daftar hadir yang disediakan Panitia.

3. Menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan lomba.

4. Membantu peserta yang dibimbingnya apabila terjadi gangguan kesehatan.

5. Tidak membantu peserta pada saat lomba berlangsung.

Peserta diharapkan :

a. Hanya satu orang yang menjadi peserta mewakili propinsi dengan Surat Penunjukkan dari Dinas Pendidikan Propinsi. Tidak dibenarkan peserta diganti di saat tengah lomba berlangsung.

b. Peserta harus hadir pada saat ‘technical meeting’.

c. Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum test dimulai.

d. Wajib mengisi daftar hadir pada saat setiap jenis lomba yang diadakan.

e. Berpakaian kerja yang rapi, diharapkan hanya memakai identitas nomor peserta dari panitya.

f. Tidak diperbolehkan membawa buku/catatan/HP di ruang ujian.

g. Mengerjakan tugas dengan menggunakan pena/ballpoint, tidak dibenarkan menulis dengan pensil.

h. Tidak diperbolehkan menggunakan tipp-ex untuk menghapus kesalahan. Kesalahan hendaknya dicoret pada kata/angka yang salah dan ditulis kata/angka yang benar.

i. Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman ke dalam ruang ujian.

j. Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta :

1. Font book tambahan koleksi personal peserta

2. Mousepen, keyboard khusus, jika diperlukan

3. Buku Pantone Guide jika diperlukan

4. Alat khusus, misal cutter nife

k. Mematuhi tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia atau juri, apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi.


X. Registration


Registration (confirmation for participates) with letter or fax that at recommendation by element on duty Province Education at the furthest on
Midle of March2009, to Committee of LKS-SMK XVII National passes through:
Secretariat at Sub directorate of student activity, Directorate Technical and Vocational Educationwith address: complex of The Ministry of National Education, Building E, 12th floor, Sudirman's General road, Center Jakarta, Telephone/Fax.: 62 21 5725469


XI. The Closing


Things that was brought together
in this information sheet will be informed on technical meeting time (technical meeting).

No comments:

Post a Comment